Tuesday, April 1, 2008

All about APRIL MOP

April Mop, dikenal dengan April Fools' Day diperingati setiap tanggal 1 April setiap tahun. Pada hari ini, orang dianggap boleh berbohong atau memberi lelucon kepada orang lain tanpa dianggap bersalah. Hari ini ditandai dengan tipu-menipu dan lelucon lainnya terhadap teman dan tetangga, dengan tujuan mempermalukan mereka-mereka yang mudah ditipu.

April Fools Day, di Indonesia dikenal dengan sebutan April Mop, tanggal 1 April. Pada hari ini banyak orang percaya bahwa sah-sah saja membohongi orang lain. Jahil dan iseng terhadap orang lain boleh dilakukan pada hari itu.

Kebiasaan membohongi orang lain ini disinyalir berasal dari Perancis (abad 16) lalu menyebar ke berbagai belahan dunia. Sebelum ada penyempurnaan sistim penanggalan seperti yang kita kenal saat ini, tahun baru dirayakan setiap tanggal 1 April (kata April diserap dari bahasa Belanda - aprire, artinya membuka). Mereka merayakan pergantian tahun itu dengan pesta dansa hingga pagi. Padahal saat itu (th 1562) Paus Gregory telah memperkenalkan sistim penanggalan baru yang diawali dengan bulan Januari, tetapi sosialisasi (mungkin belum ada TV/ Radio) tidak mencapai semua kalangan dan bahkan banyak yang tidak percaya ketika diberitahukan perihal tersebut. Sehingga mereka tetap merayakan tahun baru setiap tanggal 1 April. Merekalah yang disebut April Fools, orang-orang yang tertipu di bulan April.

Karena pada hari ini orang boleh berdusta, maka para agamais di Eropa menilai asal muasal April Mop merupakan tanggal lahir dan kematian Judas Iskariot yang menghianati Yesus, gurunya. Yudas identik dengan Iblis yang suka berdusta.

Sumber lain mengatakan bahwa tradisi ini dimulai pada jaman Romawi Kuno. Saat itu ada perayaan kepada Dewi Ceres, Dewi Panen. Konon putri sang Dewi diculik oleh Pluto, dewa dunia gaib. Sehingga sang Dewi mencari gema suara sang putri seperti orang bodoh, karena suara gema sulit dicari sumbernya. Sang Dewi melaksanakan "A fool errand" - tugas orang bodoh.

Jika di Indonesia dikenal dengan nama April Mop (Mop berasal dari bahasa Belanda yang artinya kelakar), maka di Perancis disebut Poisson d'avril, artinya ikan April (mungkin maksudnya adalah ikan kecil yang gampang tertangkap atau tertipu. Dan itulah sebabnya mengapa anak-anak di sana menempelkan gambar ikan pada punggung lawannya). Sedangkan di Inggris, jika kita tertipu maka di bilang April noddie. Tapi lucunya di Skotlandia yang dinamakan April gowk, diperingati selama dua hari. Pada hari kedua dikhususkan mengarah ke fisik seseorang pada anggota badannya. Hari itu dinamakan Taily day.

Pada umumnya para korban April Mop adalah mereka yang kurang bergaul atau kurang membaca dan kurang wawasan sehingga mereka akan mudah diperdaya. Tapi kita juga bisa jadi korban April Mop jika kita lengah. Mungkin lupa, mungkin sedang banyak masalah atau sebab-sebab lainnya.

Sempet ada ide siy buat ngerjain misua.....tapi gue lagi lack of idea...hihihi anyone can help? Mumpung 1 April blom berlalu .....

source: WIKIMU

9 comments:

Vina Revi said...

Duh,kok ya tega2nya punya ide mo ngerjain misoa, sih? hehe!

veraproject said...

makasih ya udah mampir....
april mop ngapain yah...? tgl 1 kan...pundi2 masi bnyk, ayo kita ke takigawa hehehehe...

Bunda Nayla said...

April mop...wah seru juga tuh mbak.Gimana hasil ngerjain misua?? Makasih ya dah mampir, salam kenal juga.

Noemi "Mica" Watson said...

hi..ty for dropping by, i appreciated

Jonna Luttrull said...

just wanna say hi and how are you.

Vina Revi said...

gaji gak turun klo berani ngerjain misoa? hehe, ada-ada aja ...

kiky f said...

ngerjain bos boleh ngga ya...:P

Zeeva Athena Cakranegara said...

hai jeeeeng....tengkiu loh dah mampir. Sayah link ya blog ini, biar gak lupa alamatnya gituh.

Mau komen di SB gak tau caranya, ini aja komen di sini bingung klik yang mana ;p Yaaaah begitulah emang yang ngurusin blog saya biasanya sih asisten saya -biar gaptek yang penting belagu ;p-

Btw itu niat kok ngerjain suami, apa enggak merajut/menanak nasi aja? ;p

The Armstrong said...

Wah kayaknya niat banget neh kerjain orang di April Mop? gimana berhasil yah? pastinya?

Hmmm akhirnya ku tahu banyak neh arti dari april mop? ternyata kelakar yah?
kelakar tuh batman kan, yang binatang hitam trus bisa terbang, tapi kalo malam baru keluar? *lemot mode: on* hehehe... piss...