Friday, November 14, 2008

Kulineran di Jombang...

Maskot Kota Jombang

Jalan utama di Jombang

Oh ya...sedikit story waktu mudik nih....

Mudik kemaren kita kan mudik ke Jombang....waahhh...saya selalu excited kalo lagi dateng kesini......karena bisa kulineran enak dan murah meriah.......:)


Nih dia baso yang bikin lidah gue goyang

1. Baso Mamma di deket rek Kereta Api
Baso ini enaknya sih udah pas...cuman buat lidah gue blom pas karena gue kalo makan baso selalu pake cuka....kebiasaan dari Bandung...dimana2 tukang baso pasti tersedia cuka khan? Tapi tidak untuk di tempat baso ini....khusus baso ini kalo gue mau makan disana selalu mampir ke alfamart beli cuka dulu..buat diboyong ke warung baso ini. Begitu ada cuka...paduan rasanya menurut gue dah pas banget. Oh iya ini spesialnya baso urat yang gede2...trus pangsitnya juga enak banget. Kalo makan di tempat ini saya gak pernah bisa pesen cuman semangkok..pasti harus 2 mangkok :D. Oh ya semangkoknya murah kok cuman Rp. 5000 sajah....


2. Nasi kikil
Makanan ini khasn Jombang banget. Isinya sederhana..cuman kikil dan sayur nangka. Cuman kudapannya lengkap. Kita bisa milih dari lidah, empal, ati atau paru. Trus tersedia juga peyek ato kerupuk ikan. Biasanya saya selalu memesan satu porsi nasi kikil plus empal, rempeyek dan es teh manis. Soal harga....masih murahhhhhhh....satu porsi nasi plus empal Rp 8000 sajah...plus es teh manis dan peyek dijamin tidak akan lebih dari Rp 15.000,-. Puas kan?!? Hehehehe


Soto ayam Pak Slamet

3. Nasi Soto Ambengan
Khusus nasi soto ini saya lebih memilih yang ada di pinggir jalanan di pusat kota Jombang. Ada satu warung nasi soto namanya Nasi soto Pak Slamet. Bukan warung sih, tepatnya kedai....wong jajanan kakilima gitu deh....rasa sotonya nendang abis. Tinggal pilih mau dicampur nasinya ato dipisah....dua2nya rasanya tetep gak beda. Kalo saya makan disini kudu banyak jeruk nipisnya....bikin rasanya asem2 segar gitu...makan di malam lebaran kemaren plus liatin org trek-trekan motor hihihihi.....gak nyambung ya....!!

14 comments:

Kristin A Kusuma said...

Whuaaaaaaaaa..bakso urat nya bikin ngiler neh...pasti enak banget..:P

Gege said...

Apaaaa? dirimu dari Jombang mbak?
Halaaah, dulu pas kuliah, aku demen banget tuh kalo balik ke Malang dari Bogor naek kereta ke Jombang bareng temen2 rame lagi :D

Udah gitu kan sodara banyak juga di Jombang, karena dulu ada yangkung sepupu yg jadi bupati Jombang, namanya Pak Hudan Dardiri..

Dan kita juga demen tuh nyari makanan enak di JOmbang.. hehehe

Asih Evan said...

wah pasti dech yang habis cuti bayak cerita kulinernya. aku juga kalau plg ke Palembang pasti nyempet2in makan yang enak-enak. yang pasti gak bosen2 makan mpek2nya hehe..

shantiochan said...

wekkss...udah gak aneh atuh..kalo si ibu makan bakso kan emang selalu dua ato tiga mangkok huehehhehe

dwi willimann-krisnan said...

gw pengen baso-nya......... huaaaaaaaa

Fiet said...

@Kristin : Di malang bukannya banyak baso enak juga?

@Gege : Beneran nih suka ke Jombang?!? Yang asli Jombang tuh Misua ku Ge, kalo aku sih Mojang Priangan (geer)

@Asih : Kapan donk ke Palembang, kita ketemuan n kulineran yuuukkk!!!

@Ochan : Tau aja loe...reseeeh!!! *manyun*

@Dwi : Makanya jenk...kl ke Jakarta jangan hunting sendal molo....baso donkkkk!! *bangga mode ON*

Vera said...

Huhuhu..dr kmrn ga bs komen di sini.

Duuh...liputan wisata kulinernya lengkap deh, jadi kenyang bacanya. Fiet, kapan ke Bdg, aku lg ngidam mie-nya si Nci nih...

rumah lina said...

waaa aku dulu klnaik bus dr malang ke magelang selalu brenti di jombang... beli soto enakkk

Bani Biasa said...

mau nasi sotoo!!!

*kirim ke sini dong

Ocha said...

Hai Fiet..sekalinya muncul dikau suguhin gputo makanan lagee...Pa kabar Fiet?

Donat Kampoeng Utami said...

halo.....salam dari Rumah Donat Kampung Utami (DKU). Di Jombang-Jatim juga, kalo pulang kampung ato lewat Jombang, silakan mampir. Selain donat kampung, ada juga kue Gupal, oleh-oleh khas kota Jombang.
http://gupal.blogspot.com

Fiet said...

@Vera ; Ngidam enci? Wuihh gue mah tiap hari Ver....*sad mode ON*

@Rumah Lina n Bani Biasa: Waaa...ternyata banyak ya yang suka soto....emang kalo Jombang mantap dah soto nya...

@Ocha : Iya nih Cha...lama gak mampir ke blog dirimu...kabarku baik2 saja....bagaimana dengan dirimu?

@Donat Kampung Utami: Waahhh saya baru tau ada donat keren dan murah di Jombang...padahal lokasi penjualannya salah satunya di B mArt deket ama rumah mertua...kalo ke Jombang lagi kapan2 saya coba lagi deh :)

Zeeva Athena Cakranegara said...

duh, sepanjang postingan saya cuman bisa cegluk...cegluk...hwaaaa ini penyiksaan!!!

Barbie_Awalanti_Pinky said...

aduuuhhh....teeeehhh....menyesal ira buka blog ini...
jadi lapeeeerr.....xixixixixixixixi....
Sampe meja kantor basah gara gara ira ngiler....

hhmmm....blog teteh lebih banyak ke artikel yaaa....klo ira mah curhat ato pengalaman pribadi terutama soal cinta kekekekekekekek....

kasi masukan dunks teeehh....
say something...