Friday, August 15, 2008

...cacar monyet.....Apa Itu?!?


Beberapa hari ini otak gue dipenuhi pertanyaan aneh...soal CACAR MONYET...gara2 anak gue RAFI terkena penyakit ini beberapa hari lalu...sempet panik soale tu cacar ada di jidatnya bermula dari bintik berisi cairan yang langsung pecah...semula gue kira siy kutu air...kalo dah dipecahin pasti beres....gak taunya daerah bekas pecahan bintik cairan itu melebar dan melebar seperti abis kena sundut rokok sampe ke arah kulit kepala...bahkan kulit kepalanya sampe mengelupas tipis...sakit siy gak kalo dikelupas, cuman yang bikin gue panik tu kok di beberapa bagian lain di mukanya juga ada ya calon bintik2 yang isi cairan itu? Khawatir bintik2 pecah dan membentuk luka yang melebar seperti disundut rokok gue gak pikir panjang langsung bawa dia ke DSA ...kata dokternya siy emang sejenis cacar ....makanya dikasiy obat salep BACTROBAN yang sebelum diolesin salep kudu diolesin BETADINE dolo gunanya kalo bintik2 air itu pecah sang kuman tidak kelayapan kemana2.

Penasaran dengan jenis cacar yang dialamin RAFI, gue iseng2 browsing di internet...dan didapatkan hasil seperti ini :

Istilah cacar monyet memang relatif tidak sepopuler istilah cacar lainnya yang telah disebutkan di atas. Penyakit ini nama ilmiahnya adalah impetigo atau ada pula yang menamakan impetigo vesikulo-bulosa. Berbeda jenis cacar lainnya yang disebabkan karena infeksi virus, cacar ini disebabkan oleh Staphylococcus aureus. Secara klinis, penderita tidak mengalami demam ataupun gejala umum seperti cacar air ataupun herpes zoster. Gejala yang didapatkan adalah adanya yang munculnya terutama di ketiak, dada, dan punggung. Gelembung yang muncul ini cepat pecah dan jumlahnya tidak begitu banyak, namun kerap disertai pula oleh miliaria (biang keringat). Penyakit ini memang tidak seberat penyakit lainnya, karena terbatas pada lapisan kulit saja. tentunya tidak berarti tidak perlu diobati. Apalagi karena yang menjadi penyebab adalah bakteri, yang untuk memusnahkannya diperlukan obat yang dioleskan pada tempat yang terkena. Ada yang mengatakan, ini disebut cacar monyet, sebab kelainan yang tampak di kulit bagi orang awam sedikit banyak mirip dengan penyakit cacar. Sedangkan asal usul dikaitkan dengan monyet, konon karena umumnya kulit terasa gatal dan kerap menyebabkan penderitanya menggaruk-garuk tubuhnya terus seperti monyet.

Taken From:

PS : Pas lagi nulis blog ini keinget sebelumnya chatting ama Dewi Atha yang ternyata OMG!!! Atha kena carmon juga hihihi....kok bisa ya sesama ponakan jauh2 gini kena penyakit yang sama dalam waktu yang sama.....bedanya...ATHA kena carmon sang nenek (alias Nyokap gue) dah tau...tapi kalo RAFIRA kena...sang nenek blom tau...hihihihi kebayang dah kalo tau pasti ribut2 juga ....panik bo!! Masa cucunya 3-3 nya kompak kena carmon dalam waktu yang bersamaan hahahaha!!!

4 comments:

dwi willimann-krisnan said...

bu,.. ya ampun. pantesan nggak kliatan ol. kesian gitu anak anak pada sakit. cepet sembuh ya!!!

marshmallow said...

kasian deh rafi.
lagian kenapa sesama sepupu kompakan semua?
si fira gimana?

infonya lengkap banget, fiet.
cacar monyet ini akibat bakteri, jadi demamnya gak setinggi infeksi virus yang memang selalu bikin demam tinggi.
terus ruamnya ada pus (nanah), gak cuman air jernih seperti cacar air karena adanya infeksi bakteri penghasil nanah itu (Staphylococcus).
*wah, sori fiet, gak ditanya ngomel sendiri*

aku link juga ya, say?
pernah di amrik tuh kayaknya. ceritain dong...

Mama Shasa Shahira said...

makasih ya tante infonya.. jadi tau deh tentang cacar monyet.. br ini dengernya..

Long Ai Tian said...

sumpah fiet gue baru kli ini denger cacar monyet.....yang gue tau sih cuma jambu monyet hahahahaha...
*nglirik2 komentar bu dokter*
Untung bu Dokter baik hati ngomel2 bermanfaat disini, jadi rada2 terbuka deh otak yg kosong ini hahahahaha